Beranda > Peluang & Usaha > Meneguk Untung dari Bisnis Es Dawet

Meneguk Untung dari Bisnis Es Dawet

130723p
Selasa, 11 Agustus 2009 | 08:52 WIB

KOMPAS.com — Es dawet memang khas Banjarnegara, Jawa Tengah. Namun, bukan berarti minuman segar dengan campuran cendol, santan, dan gula itu tak bisa berkembang di daerah lain.

Nun jauh di Sumatera Utara, Hafiz Khairul Rigal, penduduk asli Medan, menjadikan minuman ini sebagai bisnisnya. Orang Medan itu bahkan agresif menawarkan kemitraan es dawet di wilayahnya. Hafiz memilih nama usaha Es Dawet Cah mBanjar untuk usaha dawet yang ia tekuni sejak 2007.

Ia mengaku memang harus mencontek resep kawannya, orang Banjarnegara. Namun, ia memodifikasi resep tersebut dengan campuran nangka, cincau, ketan hitam, atau tape, walaupun tetap menggunakan bahan gula merah asli dari Banjar. Sementara itu, tepung beras, daun suji (pandan), dan santannya bisa dia dapat di Medan.

Sukses dengan 25 gerobak di Medan, Hafiz mulai menawarkan kemitraan. Cara dagang yang ia gulirkan sejak September 2008 menghasilkan 74 mitra baru di wilayah Medan dan Banda Aceh.

Tertarik menjadi mitra? Hafiz mensyaratkan calon mitra menyiapkan biaya Rp 6 juta. Mitra mendapat satu gerobak komplet dengan semua perlengkapan penjualan, seragam, dan training penyajian es dawet.

Hitungan Hafiz, dalam sehari, mitra bisa meraup omzet Rp 300.000, dengan perkiraan penjualan 100 gelas sehari. Harga segelas antara Rp 3.000 dan Rp 7.000, tergantung jenisnya.

Dengan omzet itu, dipotong bahan baku, gaji tenaga penjual, dan royalty fee 2 persen dari omzet, maka keuntungan bersih mitra minimal Rp 2.250.000 per bulan.

Kalau pendapatan segitu kurang nendang, Anda bisa memilih menjadi agen besar. “Keagenan ini lebih tepat untuk luar Medan,” sebutnya.

Calon agen harus menyiapkan investasi awal Rp 35 juta. Dengan jumlah itu, agen akan mendapat tiga gerobak di awal beserta peralatan memasak dawet. Selanjutnya, agen bisa merekrut mitra maksimal hingga 20 gerobak.

Agen berhak memakai nama Cah mBanjar selama 3 tahun. Setiap bulan, mitra harus menyetor royalty fee 1,5 persen dari omzet per gerobak ke manajemen pusat.

Selain dari penjualan sendiri, agen besar ini bisa meraup 10 persen dari penjualan bahan es dawet kepada para mitra di bawahnya. Selain itu, agen mendapat bagian 0,5 persen dari royalty fee mitra, dan komisi Rp 1 juta untuk setiap mitra yang berhasil direkrut.

Alween, salah satu mitra Cah mBanjar di Medan, mengaku bisa menjual sekitar 100 gelas es dawet dalam sehari.

“Pasarnya memang bagus, tapi harus pandai memilih tempat yang ramai dan punya potensi pembelinya,” sebut Alween yang juga seorang mahasiswi Universitas Sumatera Utara yang membuka gerai di dekat perpustakaan kampusnya. (Dupla Kartini/Kontan)

artikel terkait :

Mencicipi Peluang Bisnis Puding Kedelai
Mengintip Basahnya Bisnis Lidah Buaya
Laba Ratusan Juta dari Cireng
101 Ide Bisnis Tanpa Kantor, Apa Itu?
Jeli Bioetanol, Bahan Bakar dari Jerami
Dari Modal Gunting Kain, Henry Kini Punya 800 Karyawan
Menikmati Gurihnya Laba Icip-icip Jangkrik
Putu, dari Laptop Pinjaman Sekarang Omzet Miliaran
Ujang, Anak Kemarin Sore dan Pertanian Organik
Ini Dia Belia Pendulang Omzet Jutaan Rupiah
Menjaring Uang dari Bisnis Ikan Hias
Sepatu Lukis Lagi “Ngetren”
Meneguk Untung dari Bisnis Es Dawet
Franchise Pisang Goreng Cepat Untung dan Balik Modalnya
Ketika Limbah Koran Jadi Lembaran Uang
  1. endang w
    10 Oktober 2011 pukul 17:07

    KEDAI DAWET 99, membuka kembali kemitraan dengan masyarakat luas :
     
    1.       Bagi anda yang memiliki tempat usaha strategis, kami siap bekerjasama dengan anda, kami sediakan semua keperluan alat – alat kedai dawet dan dagangan akan di antar sampai tempat.
    2.       Bagi anda pemilik kantin/warung makan/resto/kafe/warung bakso/mi ayam, kami siap menyediakan menu minuman es dawet 99 yang istimewa, dengan harga khusus yang pasti laku dan untung. Sstem kulakan kami antarkan sp t4. Ga repot kan

     
    Info lebih detail Hub Marketing kami (kantor
    Yogyakarta) : 0813-283-50030,08985479250

  2. mei-mei
    24 Februari 2011 pukul 18:12

    Saya tertarik jg untuk bisnis es dawet,bagaimana untuk bisa bergabung menjadi mitra Pak Hafiz? Mohon penjelasan di Hp Saya 08126962683
    Terimakasih.

  3. Kyoko
    10 Oktober 2010 pukul 16:24

    Saya tertarik jg untuk bisnis es dawet,bagaimana untuk bisa bergabung menjadi mitra Pak Hafiz? Mohon penjelasan di Hp Saya 0852-70020757
    Terimakasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: