Beranda > Psikologi > Mengingat Mimpi Bisa Tingkatkan Kreativitas

Mengingat Mimpi Bisa Tingkatkan Kreativitas

Nurul Ulfah – detikHealth

Rabu, 19/08/2009 08:08 WIB

img
(Foto: sleepzine.com)

Jakarta, Pernahkah Anda bermimpi tapi samar-samar terlihat dan tidak begitu mengingatnya setelah terbangun? Atau mungkin Anda termasuk orang yang mengingat dengan jelas mimpi yang baru saja dilihat? Jelas atau tidaknya mimpi ternyata ada kaitannya dengan kemampuan seseorang dalam berbagai hal.

Mimpi terdiri dari tingkatan dan jenis yang berbeda-beda. Dalam hirarki mimpi, lucid dream atau mimpi yang jelas berada pada level tertinggi sebuah mimpi.

Studi baru-baru ini menyebutkan bahwa mimpi yang jelas dapat membantu meningkatkan keahlian memecahkan masalah, kreativitas, mengatasi rasa takut, meningkatkan percaya diri. Para pemimpi itu pun bahkan dilaporkan bisa mengalami pengalaman orgasme selama tidurnya.

Dikutip dari Huffingtonepost, Rabu (19/8/2009), para ahli dan peneliti mimpi di New York menyebutkan bahwa mimpi jenis itu juga bisa meningkatkan kesadaran dan menangani stres atau konflik dalam hidupnya.

Tidak hanya mimpi di malam hari, Sara Mednick, seorang psikolog dari UC San Diego dan juga pengarang ‘Take a Nap, Change Your Life’ mengatakan bahwa tidur siang yang bermimpi akan membuat seseorang lebih kreatif dan meningkatkan kemampuannya dalam mencari solusi.

Menurut Sara, pria ternyata lebih sering mendapatkan mimpi yang jelas ketimbang wanita. Hal ini dikarenakan pria memiliki kemampuan mengontrol dengan baik dan juga kemampuan memulai sesuatu yang lebih baik daripada wanita.

Seorang peneliti mimpi, Ryan Hurd pun mengaku dirinya sering mendapatkan mimpi yang jelas dan menyebutkan bahwa memaknai suatu mimpi bisa meningkatkan kemampuannya terutama dalam pekerjaan, hubungan percintaan dan mengasah kreativitas.

Sebuah mimpi akan terlihat sangat nyata dan jelas ketika seseorang fokus pada sesuatu yang memang menjadi perhatiannya saat itu. Dari mimpi, seseorang sebenarnya bisa mendapat pelajaran atau bahkan suatu ide cemerlang.

Mereka yang mengingat mimpinya dengan jelas kemudian akan menerapkan ide atau pelajaran yang didapatnya dari mimpi tersebut ke dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga ia akan lebih kreatif dan cerdas.

Pria dan wanita sebenarnya bisa menggunakan mimpi untuk meningkatkan kemampuan emosi dan intelegensinya. Belajar dari mimpi akan membuat seseorang sukses dalam karir, olahraga, dan lain-lain.

Menariknya, bermain video game ternyata bisa meningkatkan kemampuan bermimpi seseorang. Meskipun bermain video game tidak terlalu baik untuk kesehatan, tapi psikolog mimpi, Jayne Gackenbach mengatakan sesekali tidak ada salahnya.

Menurut Jayne, bermimpi seperti sebuah permainan berkemah dan training dunia maya yang dilengkapi dengan fantasi. Jadi teruslah bermimpi dan tingkatkan kreativitasmu.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: