Beranda > Kesehatan > Sembarangan Menindik, Ancaman Penyakit Mengintai

Sembarangan Menindik, Ancaman Penyakit Mengintai

Vera Farah Bararah – detikHealth

Selasa, 18/08/2009 15:11 WIB

img
(Foto: girlishh)

Jakarta, Melakukan tindik sudah banyak dilakukan orang dengan berbagai alasan seperti mengikuti tren atau tradisi suatu suku. Tapi ingat jangan gara-gara ingin bergaya, Anda mengabaikan faktor kesehatan diri sendiri.
i
Menindik bagian tubuh (body piercing) adalah tindikan atau tusukan yang dibuat di tubuh seseorang dengan menggunakan jarum atau benda tajam. Selanjutnya tempat yang ditindik tersebut diberi perhiasan seperti emas, perak atau tembaga.

Bagian tubuh yang paling banyak dijadikan tempat tindik adalah telinga, antara lubang hidung, lidah dan di pusar perut. Jika seseorang ingin melakukan tindikan maka yang harus dipertimbangkan adalah keamanan, kebersihan, dan profesionalitas.

Jika tidak mempertimbangkan ketiga hal tersebut maka kemungkinan bisa terkena infeksi. Beberapa bagian tubuh tertentu bisa menyebabkan masalah yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Infeksi yang paling umum terjadi adalah jika menindik di mulut dan hidung, karena terdapat jutaan bakteri yang hidup di daerah tersebut. Sementara tindik di lidah bisa merusak gigi, sedangkan untuk tindik di bibir bisa menyebabkan masalah pada gusi.

Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang dengan tipe penyakit jantung tertentu kemungkinan memiliki risiko tertinggi untuk terkena infeksi jantung setelah menindik. Jika memiliki masalah kesehatan seperti alergi, diabetes, kelainan kulit, kondisi tertentu yang bisa mempengaruhi sistem imun, infeksi, atau sedang hamil sebaiknya tanyakan dahulu ke dokter. Untuk yang memiliki keloid (daging tumbuh) sebaiknya tidak melakukan tindikan disekitar daerah tersebut, seperti di kutip dari Kidshealth, Selasa (18/8/2009).

Sebelum melakukan tindikan pastikan bahwa sudah pernah melakukan imunisasi khususnya hepatitis B dan tetanus. Dan kenali tanda-tanda infeksi seperti kemerahan sekitar tindikan, bernanah dan terjadi perubahan warna kulit disekitar area tersebut.

Beberapa masalah yang biasa timbul jika tidak aman, bersih dan profesional adalah infeksi yang kronis, hepatitis B dan C, tetanus, alergi kulit akibat perhiasan yang digunakan, bengkak atau kerusakan saraf.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menindik bagian tubuh, yaitu:

  1. Tempat tindik harus bersih.
  2. Orang yang menindik harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan tindikan.
  3. Orang tersebut menggunakan sarung tangan steril yang sekali pakai.
  4. Jarum yang digunakan masih baru dan tidak dipakai lagi untuk orang lain.
  5. Mencuci tangan sesudah melakukan tindikan.

Jika menggunakan tindikan di mulut, sebaiknya menggunakan obat kumur yang non-alkohol dan antibakterial setelah makan. Jika merasa ada sesuatu yang salah dengan tindikan tersebut segera konsultasikan ke dokter. Hal yang terpenting dalam melakukan tindikan adalah lakukan dengan orang yang profesional dan di tempat yang aman serta bersih.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: