Beranda > Peluang & Usaha > Berawal dari Gagasan Membuat Situs Pribadi

Berawal dari Gagasan Membuat Situs Pribadi

Wednesday, 19 August 2009| Koran SINDO

Kesuksesan sebuah situs lelang dan penjualan barang serta jasa terbesar dunia,eBay,berawal dari ide cemerlang seorang anak muda.Mengandalkan network effect, situs ini mampu bersaing dengan kompetitor.

SIAPA yang tak mengenal eBay? Setiap kali menyebut nama itu, orang akan langsung mengenalinya sebagai situs transaksi jual beli segala jenis barang dan jasa serta lelang.eBay dikenal karena kelengkapan produknya,kekhususannya, dan kemudahan aksesnya.

Memanfaatkan teknologi dunia maya,pelanggan eBay akan bisa bertransaksi melintas batas dunia dengan begitu gampang.Fasilitas serta kemudahan akses yang disediakan membuat eBay menjadi pilihan sebagian besar masyarakat dunia yang ingin memanfaatkannya sebagai media jual beli dan lelang secara online. Tercatat pada 2006 saja pelanggan eBay telah mencapai 200 juta orang.

Hal tersebut mengantarkan situs ini sebagai situs jual beli dan lelang yang paling banyak dimanfaatkan. Selain soal fasilitas dan kemudahan akses, kelebihan lain yang disediakan eBay sehingga menjadi pilihan semua orang dari seluruh dunia adalah kelengkapan produk yang disediakan.Mulai dari barang antik (antiques), karya seni (art),perlengkapan bayi (baby),buku (books),bisnis dan industri (business and industry) hingga DVD dan masih banyak lagi.

Bisa dikatakan, semua kebutuhan manusia mulai dari kaki hingga kepala sampai kebutuhan hiburan pun tersedia di sana. Sebagai media transaksi online, kemudahan adalah segala-segalanya. Mengandalkan sistem kepercayaan, cara pembayaran utama di eBay pun dapat dengan mudah dilakukan pengguna. Sistem pembayaran di eBay adalah dengan Paypal. Paypal menjamin pembayaran aman baik bagi pembeli maupun penjual. Sistem itu juga cocok untuk transaksi pembayaran sehingga meminimalkan kemungkinan penipuan.

Selain Paypal,cara pembayaran lain yang juga aman digunakan adalah melalui eGold,Moneybooker, Stormpay,Western Union, cek,transfer bank,dan lain-lain. Menilik begitu luar biasanya eBay, orang pun akan bertanyatanya, siapa pendirinya? eBay ternyata didirikan oleh seorang anak muda bernama Pierre Omidyar pada 1995. eBay awalnya adalah bagian dari situs pribadi Omidyar yang memuat tulisan terkait virus Ebola.

Awalnya situs ini dimiliki oleh EchoBay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar lalu mencoba mendaftarkan nama domain EchoBay.com, tapi nama itu telah dimiliki orang lain,jadi dia memendekkan namanya menjadi eBay.com. eBay bermarkas di San Jose, California. eBay menjadi yang terbesar sekarang karena berhasil memanfaatkan momentum sebagai yang pertama untuk mendapatkan user sebanyak- banyaknya.

Awalnya itu dilakukan dengan menawarkan servisnya secara gratis. Setelah penggunanya mulai banyak, barulah eBay mulai menarik bayaran untuk listing fee sebagai biaya pengelolaan situs. Sebagai situs paling awal yang menyediakan dirinya sebagai tempat jual beli dan lelang sekaligus, eBay dengan cepat bisa tumbuh. Tak banyaknya kompetitor menjadikan situs ini seolah menjadi pemain tunggal dalam bisnis tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, kompetitor mulai bermunculan. Beberapa malah menawarkan listing fee gratis.

Munculnya kompetitor membuat eBay yang selama ini tak punya pesaing harus bersiap menghadapi kenyataan. Beberapa pelanggan setia mulai beralih ke kompetitor. Untungnya buat eBay, saat itu jumlah user situs web-nya sudah mencapai jumlah yang banyak sehingga kemunculan kompetitor tak begitu berpengaruh. Malah sewaktu raksasa Yahoo! membuka Yahoo! Auctions dan menawarkan listing fee secara gratis pula, eBay tidak terpengaruh.

Beberapa pemakai eBay yang sempat tergoda tawaran Yahoo! dan beralih ke sana akhirnya kembali ke pangkuan eBay karena pembeli tidak bisa menemukan penjual yang banyak; dan penjual tidak bisa menemukan pembeli yang banyak. Di sini kita bisa melihat betapa berharganya network effect. Nilai dari jaringan eBay sudah membengkak sedemikian rupa sehingga walau eBay menaikkan listing fee-nya pun tidak banyak yang berpikir untuk pindah ke lain hati.

Lewat network effect ini, eBay berhasil menciptakan value yang besar (eksponensial bila dibandingkan dengan jumlah penggunanya) dan mampu mendapatkan sebagian besar dari valuetersebut. Menariknya, Yahoo! yang belajar dari pengalaman tersebut berhasil membalikkan keadaan sewaktu masuk ke Jepang.Yahoo! masuk ke Jepang mendahului eBay dan itulah pasar satu-satunya di mana eBay kalah bersaing dan akhirnya memutuskan keluar dari Jepang.

Pentingnya network effect dalam industri onlineauction ini membuat eBay dan Yahoo! berusaha saling mendahului masuk ke pangsa pasar regional lainnya walau awalnya mereka harus merugi terlebih dahulu.Kini eBay telah merambah ke hampir seluruh wilayah dunia. Omidyar adalah warga Prancis keturunan Amerika-Iran.Omidyar lahir di Paris, 21 Juni 1967. Bapakibu Omidyar sengaja dikirim orang tuanya (keluarga kakek Omidyar) ke Paris untuk menempuh pendidikan di sana.

Ibu Omidyar,Elahe Mir-Djajali, adalah seorang dokter di bidang bahasa dari Universitas Sorbonne dan dikenal sebagai akademisi. Ayahnya adalah seorang dokter bedah.Keluarga Omidyar pindah ke Amerika Serikat saat dia berusia enam tahun. Tumbuh dan berkembang di Washington DC,Omidyar menaruh minat tinggi terhadap komputer saat bersekolah St.Andrew’s Episcopal di Potomac,Maryland. Omidyar kemudian lulus dari St.Andrew’s pada 1984.Pada 1988, dia meraih gelar sarjana di bidang ilmu komputer dari Tufts University.

Setelah lulus dari bangku kuliah, Omidyar sempat bekerja untuk Claris, salah satu perusahaan Grup Apple di mana dia membantu penulisan MacDraw. Pengalaman bekerja di Claris membantunya menggeluti usaha di bidang komputer.Pada 1991,dia mendirikan Ink Development, cikal bakal perusahaan e-commerce yang kemudian berganti nama menjadi e-Shop.

Saat berusia 28 tahun,Omidyar menemukan ide mendirikan sebuah situs penjualan online, yang kini namanya menjadi super brand dunia maya, eBay. eBay sendiri diluncurkan pada Hari Buruh, 4 September 1995. Jeffrey Skoll kemudian bergabung dengan perusahaan pada 1996.Pada Maret 1998, Meg Whitman ditunjuk sebagai presiden dan CEO dan terus menjalankan perusahaan hingga Januari 2008 saat dia mengumumkan pengunduran dirinya.

Pada 1998, eBay resmi menawarkan saham ke publik dan hal ini mengantarkan Omidyar dan Skoll menjadi miliarder sukses. Keuntungan eBay terus bertambah seiring berjalannya waktu.Pada Juli 2008, eBay diketahui sukses membukukan pendapatan mencapai USD4,45 juta. Seiring krisis finansial global,pendapatan eBay sekarang mendekati angka USD2,65 juta.Ke mana Omidyar membelanjakan pendapatan yang sedemikian melimpah? Ternyata tidak semua dia habiskan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Hal yang membuat nilai kekayaan Omidyar semakin penuh makna adalah sikapnya yang rela menyisihkan pendapatannya untuk berbagi dengan sesama. Bersama istrinya,Pamela Kerr Omidyar,dia mendirikan Omidyar Network pada 2004. Lembaga ini dimanfaatkan Omidyar untuk menyalurkan bantuan sosialnya.Omdiyar Network berkomitmen memberikan dan menciptakan kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia. (sugeng wahyudi)

  1. 30 Mei 2011 pukul 19:53

    Luar Biasa.
    Gaya hidup orang barat memang lebih suka belanja di internet jadi internet marketernya punya target pasar yang jela.
    beda dengan orang indonesia saat ini. mungkin 2 atau 3 tahun lagi kita mulai beralih ke internet 100%

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: