Beranda > Kesehatan > Lahir Normal versus Operasi

Lahir Normal versus Operasi

Jumat, 21 Agustus 2009| Batam Pos

Rasa sakit menjelang persalinan merupakan keluhan yang banyak diungkap ibu hamil. Sakit muncul karena saat persalinan, timbul kontraksi pada rahim. Adanya kontraksi mengakibatkan pembukaan mulut rahim dan penurunan kepala bayi. Semakin lama, kontraksi akan semakin sering dan adekuat. Rasa sakit umumnya bertambah kuat pula. Dari yang awalnya mulut rahim tidak ada pembukaan, mulai terjadi pembukaan 1 cm, 2 cm, 3 cm hingga pembukaan 9 cm, akhirnya pembukaan lengkap.

Ketika kepala bayi mulai turun hingga mencapai dan tampak pada bibir vagina yang disebut crowning, ibu siap dipimpin melakukan persalinan. Lahirlah bayi yang ditunggu-tunggu. Menakjubkan bukan?

Intensitas rasa sakit itu akan berbeda pada setiap calon ibu. Ada yang merasa tidak terlalu sakit, bahkan tidak sakit (hanya seperti mulas saat menstruasi atau dilep). Ada pula yang merasa sangat sakit. Yang bisa dipesankan, saat melahirkan, diperlukan persiapan fisik dan mental. Justru rasa sakit karena kontraksi tersebut diperlukan untuk melahirkan bayi yang sehat.

Lebih baik melahirkan normal atau operasi? Tentu saja, dua hal itu memiliki pertimbangan dan untung rugi. Misalnya, lahir normal memang sakit. Tapi, bila tidak ada komplikasi yang menyertai, proses pemulihan lebih cepat. Dua jam setelah melahirkan, ibu sudah bisa berjalan.

Untuk operasi caesar, ibu tidak mengalami rasa sakit kontraksi, observasi terhadap janin dalam kandungan tidak membutuhkan waktu lama, dan dalam waktu singkat bayi sudah lahir. Tapi, perlu diingat risiko pembiusan maupun operasi itu. Termasuk proses pemulihan yang tidak secepat melahirkan normal.

Pada kasus tertentu, operasi menjadi pilihan mutlak. Misalnya, bila janin hingga usia kandungan sembilan bulan masih dalam posisi lintang, plasenta (ari-ari) di bawah sehingga menghalangi jalan lahir, atau sudah pernah operasi caesar sebanyak dua kali. (nda)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: