Beranda > Nasional > Undip Tolak Mahasiswa Malaysia

Undip Tolak Mahasiswa Malaysia

By Republika Newsroom

Selasa, 25 Agustus 2009 pukul 17:50:00

Undip Tolak Mahasiswa MalaysiaWIKIMEDIA.ORG

SEMARANG–Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tidak lagi menerima mahasiswa yang berasal dari Malaysia untuk tahun ajaran 2009-2010. “Kami melakukan itu sebagai wujud nyata dalam mengekspresikan rasa nasionalisme,” kata Rektor Undip, Prof Susilo Wibowo, usai upacara penerimaan mahasiswa baru di kampus Undip Tembalang, Semarang, Selasa (25/8).

Menurut dia, selama ini Malaysia sering tidak menghargai harkat dan martabat bangsa Indonesia lewat berbagai cara, termasuk klaim Malaysia atas berbagai kebudayaan yang berasal dari Indonesia. Disinggung tentang kerja sama yang sering dilakukan Undip dengan perguruan tinggi di negeri jiran tersebut, ia mengatakan, untuk kerja sama memang masih ada yang dilakukan.

Namun, kata dia, kerja sama tersebut dilakukan untuk menyerap ilmu dan teknologi yang dimiliki untuk dimanfaatkan dan dikembangkan di Indonesia dan berbeda dengan penerimaan mahasiswa.  Karena itu, untuk penerimaan mahasiswa yang berasal dari Malaysia, Undip memutuskan untuk tidak melakukannya lagi, setidaknya dapat dilihat dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini.

Kepala Humas Undip, Agus Naryoso, juga membenarkan hal tersebut. “Dulu, mahasiswa Malaysia banyak yang belajar di FK Undip. Namun, saat ini sudah tidak ada lagi mahasiswa baru dari Malaysia,” paparnya.

“Kalau mahasiswa Malaysia yang sudah masuk sebelum tahun ini, memang masih ada. Mereka tetap diberi kesempatan untuk menyelesaikannya, namun mahasiswa baru tidak ada lagi,” jelas Agus.

Ia mengatakan, Undip pada tahun ajaran ini menerima sebanyak 9.151 mahasiswa baru, terdiri dari program doktor sebanyak 175 orang, magister sebanyak 1.298 orang, spesialis sebanyak 1.154 orang, dan profesi 222 orang. Jumlah terbesar mahasiswa baru adalah di program sarjana sebanyak 6.087 orang dan diploma berjumlah 1.215 orang.

Menurut dia, untuk penerimaan mahasiswa tahun ini, Undip telah menyiapkan beberapa sarana dan prasarana yang menunjang, di antaranya rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Rusunawa tersebut, kata dia, terdiri dari empat unit dan setiap unit mampu menampung sekitar 252 orang, sehingga total mahasiswa yang akan tertampung berjumlah 1.008 orang. ant/rif

Terkait :

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: