Beranda > Nasional > Tiga Pulau di Mentawai Dijual ke Orang Asing?

Tiga Pulau di Mentawai Dijual ke Orang Asing?

Rabu, 26 Agustus 2009 | 15:17 WIB

Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik

Berselancar di Mentawai. Ombak di kepulauan Mentawai – oleh berbagai organisasi selancar – dinilai sebagai terbaik ketiga sejagat setelah Hawaii dan Tahiti.

JAKARTA, KOMPAS.com — Penawaran penjualan terbuka tiga pulau di Mentawai melalui situs privateislandsonline.com membuat semua pihak terkejut, termasuk pemerintah pusat. Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi mengaku segera meminta konfirmasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Mentawai menyusul kabar tersebut.

Freddy mengungkapkan, Bupati Mentawai mengatakan tidak benar bahwa ketiga pulau tersebut, yaitu Kandui, Silabu, dan Siloinak, telah dimiliki oleh asing dan akan dijual. Bupati Mentawai, seperti dikutip Freddy, menegaskan bahwa istilah ‘jual’ dipergunakan untuk promosi resor yang telah dibangun di ketiga pulau tersebut.

“Saya telepon Bupati, dia jelaskan mereka (pengusaha) melakukan penawaran dengan kata ‘jual’. Tapi tidak semua dikuasai mereka hanya separuh saja yang dijual ada yang disewa. Nah, di atasnya didirikan resor,” ujar Freddy dalam keterangan pers di Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Rabu (26/8).

Sayangnya, kekeliruan mekanisme perolehan izin terjadi antara pengusaha asing dan pemerintah daerah. Menurut keterangan Bupati, kebiasaan selama ini pengusaha membangun dulu resor di atasnya baru mengurus izinnya. “Terbalik jadinya. Di mana-mana kita kan harus bikin izin dulu,” tegasnya.

Bupati Mentawai mengaku tak tahu-menahu pada awalnya mengenai pembangunan resor di beberapa pulau tersebut. “Tidak ada pemberitahuan ke pemda bahwa mau dikembangkan seperti itu. Di situ memang tidak berpenghuni. Orang singgah dan kemudian pergi. Baru tahu ada resor ketika resor sudah dibangun. Ini harus bisa diluruskan oleh pemda,” tandas Freddy.


Beria terkait:

Istilah ‘For Sale’ Bukan Dijual, Tapi Hak Pengelolaan

Depdagri Akan Cek Penjualan 3 Pulau Lewat Internet

3 Pulau Dijual di Internet

Lagi 3 Pulau Dijual

  1. solarsedayu
    26 Agustus 2009 pukul 23:16

    to : Bernardia Vitri,
    lho kok .?
    trus kita mo tinggal dimana ? hahaha

  2. 26 Agustus 2009 pukul 22:22

    Wow…. mengerikan…Indonesia lama2 semuanya dijual saja… Jawa juga

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: