Beranda > teknologi > Terpecahkan, Sinar Aneh di Angkasa

Terpecahkan, Sinar Aneh di Angkasa

13/09/2009 – 08:35
Donny Andhika
(istimewa)

INILAH.COM, Jakarta- Jejak indah muncul di langit pada Rabu (9/9) malam lalu dan tampak seperti peristiwa misterius. Namun sinar yang gemerlap di langit itu ternyata adalah air kecing.

Beberapa orang yang melihat fenomena indah saat astronot di dalam pesawat luar angkasa Discovery membuang “kotoran” di angkasa.

Pembuangan tersebut dijadwalkan oleh pilot Kevin Ford yang mengeluarkan urin dan limbah cair sebagai salah satu bentuk persiapan untuk mendarat pada Kamis. Namun karena cuaca, pendaratan gagal dan para astronot merencanakan untuk mendarat di Florida pada Jumat pukul 17:48 waktu setempat, dalam kondisi cuaca hujan yang disertai angin.

Pertunjukan cahaya Rabu terbentuk dari sekitar 68kg air yang dibuang sekaligus, kata jurubicara NASA Kylie Clem. Discovery telah meninggalkan stasiun luar angkasa internasional beberapa hari sebelumnya dan selama 10 hari di sana tidak dapat membuang limbah.

“Itu merupakan jumlah yang besar karena sekarang tidak melakukan pembuangan air limbah saat merapat ke stasiun,” kata Clem lewat email. “Itu merupakan peraturan yang baru diterapkan dalam dua penerbangan terakhir untuk mencegah kontaminasi terhadap modul Kibo.”

Modul Kibo adalah laboratorium riset yang baru dibangun Jepang di stasiun luar angkasa yang mencakup platform eksternal untuk mengekspos sains terhadap lingkungan ruang angkasa. Pembuangan air dari pesawat yang merapat dapat berpotensi mengganggu eksperimen.

Secara umum, kata Clem melihat air di luar angkasa sudah menjadi umum. Air limbah biasanya membeku saat pembuangan dan masuk ke awan menjadi butiran es kecil. Lalu ketika terpapar sinar matahari, es tersebut hancur menjadi uap air dan menyebar di luar angkasa.

Sejumlah orang di Amerika Utara nampaknya melihat pembuangan hari Rabu itu, dan beberapa diantaranya mengirimkan gambar ke SpaceWeather.com.

Salah satunya adalah Abe Megahed yang mendapatkan gambar pada jam 21:40 dan diambil dari Madisson Wisconsin. “Aku hanya mengamati pesawat ulang-alik dan stasiun, terbang melintas dan terkejut melihat pesawat tersebut membuat lengkungan besar yang membanggakan. Apakah itu? Sesuatu dari ventilasi? OMS yang terbakar? Roket RCS? Sebuah rekor pembuangan urin terbesar?” tulisnya.[ito]

terkait :

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: