Beranda > Nasional > Lebaran, Hari Rayanya Bisnis Ritel

Lebaran, Hari Rayanya Bisnis Ritel

21/09/2009 – 08:56
Ahmad Munjin
(ist)

INILAH.COM, Jakarta – Siklus lebaran telah menjadi berkah tersendiri bagi sektor ritel. Tak terkecuali Idul Fitri 1430 Hijriyah. Hari raya umat Islam ini telah mendongkrak penjualan hingga 2-3 kali lipat dibandingkan bulan normal dan berkontribusi signifikan pada 15% pertumbuhan 2009.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Ritel, Handaka Santosa mengatakan siklus lebaran mendongkrak 2-3 kali penjualan dibandingkan masa-masa normal. Meskipun, kenaikan ini sangat tergantung juga pada keadaan politik dan ekonomi secara umum. Menurutnya, dengan dibayarkannya Tunjangan Hari Raya (THR) sepekan menjelang Idul Fitri, sesuai peraturan Menteri Tenaga Kerja, telah berhasil meningkatkan penjualan sektor ritel.

Padahal pada awal September, kenaikan masih kecil sekitar 20%. “Tapi, sejak Jumat (11/9) aktivitas belanja sudah mulai meningkat pesat,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, baru-baru ini.

Handaka menilai pertumbuhan ini sangat menggembirakan. Hingga dua hari menjelang Lebaran penjualan lebih tinggi lagi hingga 2-3 kali lipat dibandingkan bulan-bulan normal. Namun demikian, Handaka mengakui daya beli masyarakat belum membaik.“Tapi, puasa dan lebaran, mendorong dan memiliki efek yang bagus untuk pertumbuhan ekonomi,” paparnya. Pasalnya, puasa kali ini bisa berkontribusi pada pertumbuhan ritel 2009 yang diperkirakan mencapai 15% dibandingkan 2008.

Posisi ini sangat menggembirakan. Apalagi jika dibandingkan dengan kondisi sepekan paska ledakan bom di Hotel Ritz Carlton dan JW Marriot, 17 Juli lalu. “Saat itu, sektor ritel sempat anjlok hingga 70%,” imbuhnya.

Namun ledakan bom hanya berefek sepekan di bulan Juli dan setelah itu kembali berjalan normal. “Memasuki Puasa penjualan tumbuh 20% dan hingga lebaran ini tumbuh 2-3 kali dibandingkan bulan biasa,” ungkapnya.

Hingga akhir tahun ini, sektor ritel diperkirakan tumbuh hingga 15%. Menurut Handaka yang harus diperjuangkan saat ini selain potensi dalam negeri, juga harus dioptimalkan potensi belanja dari luar negeri.

“Untuk dalam negeri, pada saat krisis global ini, Indonesia masih tetap bertahan dan tumbuh positif,” imbuhnya. Buktinya, Indonesia menempati posisi nomor tiga sebagai negara yang tumbuh positif setelah China dan India. “Artinya, yang juga berkontribusi pada pertumbuhan positif ini adalah konsumsi domestik dan bukan asing,” timpalnya.

Untuk meningkatkan kunjungan belanja dari asing, pemerintah harus meningkatkan keamanan dalam negeri dan implementasi PPN Asing (PPN Refund) untuk turis yang berbelanja ke Indonesia. “Karena selama ini sudah diimplementasikan untuk Bangkok, Singapura, dan semua negara di dunia kecuali Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Rudy Sumampouw meramalkan pertumbuhan ritel di Indonesia pada 2009 hanya meningkat di bawah 20%.

“Hal ini disebabkan dampak krisis keuangan global yang diperkirakan masih dirasakan masyarakat Indonesia hingga tahun ini. Jadi, mereka mengalihkan anggaran kebutuhan sekunder, seperti membeli pakaian, ke kebutuhan pokok, seperti membeli makanan,” jelas Rudy.

Aprindo yang anggotanya memiliki 7.500 outlet termasuk Hero, Giant, dan Alfamart, mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 20% pada 2008 dibandingkan 2007. Omzet Aprindo 2008 mencapai Rp 65-67 triliun. [E1]

terkait :

  1. 23 September 2009 pukul 08:04

    yup, untuk memenuhi segala keperluan,
    kita mang butu mereka …

  2. richocean
    21 September 2009 pukul 16:06

    saya sangat tertolong banget kalo ada supermarket yg buka sehingga bisa beli barang2 keperluan saat lebaran … apalagi nggak mudik …🙂

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin

    Baru gempa lebaran di Bali
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/19/gempa-lebaran-1430h-balijawasumatra/

    Hati2 gempa saat lebaran:
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/17/hati-hati-gempa-lebaran-1430h-sumatra-jawa/

    Yang mau tahu kondisi live jalan lewat kamera dari jalan mudik boleh mampir ke sini
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/20/video-live-siang-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jalur-utara-selatan-jawa-merak/
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/20/video-live-siang-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jawa-tengah-solo/

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    -http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    salam kenal😆

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: