Beranda > teknologi > Ditemukan Dinosaurus Mini

Ditemukan Dinosaurus Mini

21/09/2009 – 08:33

Donny Andhika

INILAH.COM, Jakarta- Seekor Tyrannosaurus rex (T-rex) yang hampir identik dengan yang biasa kita lihat, ditemukan di China. Namun T-rex ini berkali-kali lebih kecil.

Predator kecil ini bernama Raptorex Kriegsteini berukuran 3 meter dari kepala hingga ujung kaki dan beratnya sekitar 10 batu atau sama dengan rata-rata manusia. Binatang ini hidup 125 juta tahun yang lalu, mendahului T-Rex yang muncul sekitar 60 juta tahun lalu.

Dua karnivora ini memiliki struktur tubuh yang sama, memiliki tengkorak yang besar, lengan yang kecil dan kaki belakang atletis yang dirancang untuk berlari. Tapi T-Rex berukuran panjang 12,4 meter, memiliki tinggi 15-20 meter dan beratnya antara lima hingga tujuh ton.

Penemuan spesies ini menunjukkan bahwa ciri-ciri fisik khusus T-Rex tidak berevolusi sebagai seperti pemakan daging lainnya yang berkembang ukurannya, seperti dipercaya kebanyakan ahli. Sebaliknya sepanjang periode Cretaceous, Tyrannosaurus termasuk T-Rex menjadi puncak rantai makanan.

Kerangka Raptorex yang hampir lengkap (tengkorak, gigi, hidung, tulang belakang, bahu, lengan, panggul dan kaki belakang) telah dipindahkan dari daerah fosil berbatu yang disebut formasi Yixian di Mongolia tengah di timur laut China.

Tulang-tulang itu dibeli oleh seorang kolektor pribadi, Henry Kliegstein. Ia kemudian memberikannya kepada ilmuwan Amerika Serikat di University of Chicago. Kemudian diketahui ternyata adalah seekor dinosaurus dewasa berjenis Tyrannosaurus tetapi dengan ukuran lebih kecil.

Stephen Brusatte dari American Museum of Natural History di New York mengatakan, ”banyak hal yang kita pikir kita tahu tentang evolusi Tyrannosaurus, ternyata kita terlalu sederhana atau keluar jalur dan salah.”[ito]

simak juga :

Kategori:teknologi Tag:,
  1. Dadang Supriadi
    23 September 2009 pukul 08:09

    Apapun hidangannya
    yang penting
    Pertaaaammaaaxxx
    Dulu

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: