Beranda > teknologi > AXIS Terima Dana Dari ‘Bill Gates’ ?

AXIS Terima Dana Dari ‘Bill Gates’ ?

Senin, 21/09/2009 11:30 WIB
Fajar Widiantoro – detikinet


ist (AXIS)

Jakarta – GSMA, lembaga yang mewakili industri komunikasi seluler di dunia, telah umumkan informasi rinci dari empat penerima dana pertama program Mobile Money untuk masyarakat yang belum menikmati layanan perbankan (Mobile Money for the Unbanked Fundatau MMU).

Dana tersebut dikelola oleh Yayasan GSMA (GSMA Foundation, Inc.) dengan pendanaan yang berasal dari Bill & Melinda Gates Foundation.

Empat operator pertama yang akan menerima dana tersebut berasal dari negara yang berbeda-beda yaitu, AXIS dari Indonesia, Oi dari Brazil, Roshan dari Afghanistan dan SMART Communications dari Filipina.

“Lingkup dari proyek-proyek ini sangat menarik karena mereka tidak hanya menyediakan layanan mobile money bagi masyarakat yang belum menikmati layanan perbankan, akan tetapi mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam menjalankan usahanya dengan membantu mereka mencapai stabilitas, kesempatan usaha,” ujar Gavin Krugel, Direktur GSMA.

“Saya gembira dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ini serta perusahaan lainnya yang mampu mempelopori untuk mendukung kami dalam menciptakan keamanan finansial dan suatu identitas untuk orang-orang yang belum beruntung di masyarakat dan pekerjaannya.” Karena kami terus berupaya untuk mencapai tujuan kami, menjangkau 20 juta orang yang belum menikmati layanan perbankan melalui layanan seluler di akhir 2012,” tambahnya, seperti dikutip detikINET, Senin (21/9/2009) berdasar keterangan resmi.

Proyek mDUIT AXIS

Lebih jauh lagi dijelaskan bahwa proyek AXIS yang bernama ‘mDUIT AXIS’, masih berada dalam tahap awal pengerjaan di Indonesia dan rencananya akan diluncurkan pada akhir Desember 2009. AXIS memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memberikan layanan perbankan kepada mereka yang belum menjadi nasabah bank melalui layanan komunikasi seluler di Indonesia, karena saat ini baru sekitar 40 juta dari keseluruhan populasi di negara tersebut yang sudah memiliki rekening bank, sementara sekitar 90 juga orang di negara tersebut menjadi pelanggan layanan seluler.

Nantinya AXIS akan menyediakan serangkaian layanan finansial kepada konsumen melalui seluler termasuk pembayaran, tabungan dan kredit.

Program MMU didukung dana bantuan senilai US$12,5 juta dari Yayasan Bill & Melinda Gates dan bekerja sama dengan para operator seluler, bank, institusi keuangan mikro, pemerintah dan organisasi pengembangan lainnya untuk mendukung ekspansi dari layanan perbankan seluler yang terpercaya dan terjangkau bagi masyarakat yang belum menikmati layanan perbankan.

Bantuan dana MMU diberikan untuk mempercepat implementasi mobile money yang ditujukan bagi konsumen yang belum menikmati layanan perbankan. MMU menerima aplikasi dari seluruh operator yang ada di dunia. ( fw / fw )

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: