Beranda > Peluang & Usaha > Jadi Jutawan Lewat Tokek

Jadi Jutawan Lewat Tokek

Sabtu, 26 September 2009 | 08:59 WIB
Istimewa

Palmerah, Warta Kota

Anda tahu tokek bukan? Ya, jenis reptil yang masuk golongan cecak besar ini saat ini banyak dicari masyarakat karena harganya jika dijual lagi bisa mencapai Rp 500 juta per ekor. Wow!

Harga tokek yang memiliki berat 4 ons kabarnya mencapai lebih dari Rp 500 juta. Jual beli cecak besar suku Gekkonidae itu saat ini merupakan bisnis yang cukup menggiurkan.

Inilah yang menjadi salah satu alasan Ade (40), sebut saja demikian, menggeluti bisnis baru tersebut. Konon, tokek ini dijadikan bahan untuk obat HIV/AIDS. Tokek diekspor ke sejumlah negara, seperti China, Jepang, Hongkong, dan Perancis.

“Ini bisnis yang sangat menggiurkan. Saya sendiri awalnya tidak percaya (terhadap tingginya harga tokek). Namun, setelah saya merasakan (dapat menjual tokek) saya baru bisa percaya,” katanya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (25/9).

Ade mengaku telah satu tahun menekuni bisnis jual beli tokek tersebut. Keuntungan yang didapatkan dalam satu kali transaksi tergolong lumayan, 5 sampai 10 persen dari harga tokek.

Meski begitu, ia mengaku tidak membeli semua tokek. Hanya tokek yang memiliki berat di atas 3,5 ons yang dibelinya. “Karena, semakin tua dan besar ukuran suatu tokek, maka kadar enzim yang dimilikinya akan semakin banyak. Dan, katanya enzim itu yang dipakai untuk obat HIV AIDS,” jelas Ade.

“Karena buat diekspor itu yang beratnya 3,5 ons ke atas. Selain itu, harga tokek di bawah 3,5 ons tidak terlalu tinggi dibanding tokek yang beratnya 3,5 ons lebih,” ujar warga Kapuk, Jakarta Utara, itu.

Lebih lanjut Ade menjelaskan, harga tokek dengan berat 3,5 ons di tingkat pengekspor (tingkat atas) mencapai Rp 300 hingga Rp 400 juta, sedangkan harga tokek 3,5 ons di tingkat bawah (peternak) hanya sekitar Rp 100 juta.

Hal ini karena tidak mudah membawa tokek, risikonya tinggi. “Misal kita beli di Kalimantan, kita memiliki risiko tokek mati di perjalanan atau beratnya berkurang. Karenanya harga di bawah dengan di atas beda,” katanya.

Sementara untuk tokek yang memiliki berat 4 ons, menurut Ade, harganya dapat mencapai lebih dari Rp 500 juta.

Di Indonesia sendiri, menurut Ade, terdapat tiga orang eksportir besar tokek, satu di antaranya merupakan bosnya. Namun, Ade enggan menyebutkan identitas para pengekspor tokek tersebut. “Kalau yang ada di internet itu mah bukan bos-nya. Itu mah broker semua,” ujarnya.

Ya, saat ini kabarnya banyak cukong asal Malaysia dan Korea yang berkeliaran di Indonesia demi mendapatkan binatang yang kabarnya dapat menyembuhkan HIV AIDS itu.

“Sekarang ini lagi banyak cukong asal Malaysia dan Korea di Indonesia ingin mendapatkan tokek dengan harga murah. Dan ini betulan lho,” ujar Ade.

Kedatangan para cukong asing tersebut, menurut Ade, karena bisnis jual beli tokek cukup menggiurkan. Selain itu, para cukong dapat memperoleh tokek di Indonesia dengan harga murah untuk kemudian dijual kembali dengan harga mahal.

“Karena saya dengar dari bos saya, katanya tokek itu di luar negeri diteliti untuk obat HIV AIDS dan katanya penelitian di luar negeri sudah 90 persen (tokek dapat menyembuhkan HIV AIDS),” katanya. (Kompas.com/luc)

  1. Mahyuni
    29 November 2015 pukul 04:34

    sy Brigadir Pol Mahyuni, Sy punya 2 (dua) ekor tokek pohon bintik merah dengan kreteria sbb ; 1 ekor panjang 40 cm ekornya bentuk tikus dan 1 ekor lg pnjang 39 cm ekorny bentuk wortel, bg yg minat hubungi 085310311649 wilayah Provinsi Kal Sel Kab.HST

  2. riesta
    15 Mei 2012 pukul 22:05

    MaS ade minta no hpnya gimana sy mau menghubunginya

  3. Anonim
    23 November 2011 pukul 23:49

    ada d tempat saya tokek dengan berat 8 kilogram siapa minat hubungi 085648846921

  4. roger
    12 Januari 2010 pukul 18:23

    Di Jual Tokek 7 ekor ukuran lebar kepala tokek ROKOK LA ISI 12 (1-1,5 ons panjang 27-31 cm)dan 27 ekor ukuran jempol kaki orang dewasa, ada yg dua jari tangan (1 ons kebawah ), lokasi tulungagung-Jatim, bagi yang serius berminat hub, mas Roger 081230724198 atau di email Ragil_omoshiroi@yahoo.com

  5. Kale
    8 Januari 2010 pukul 00:28

    Lo ada buyer ma pnjual surabaya mhon infonya y mas,,,help me,,,thx for all.

  6. 1 Januari 2010 pukul 14:06

    masak sih…..

  7. bayu
    17 Desember 2009 pukul 23:24

    saya punya 3 ekor di rumah?

  8. bayu
    17 Desember 2009 pukul 23:23

    apa benar harga tokek mahal?

  9. 10 Desember 2009 pukul 18:02

    bagi yang sudah bosen dengan tokek on onan, kita main tokek antik yuukkk. Aku punya tokek paling antik di dunia, ekornya cabang 4 (dobel victory) sudah terbukti bawa banyak keberuntungan. mau beli? hub: 0816211345. foto tokek ada di http://www.tokekbatu.wordpress.com atau http://www.tokektongki.blogspot.com. salam tokek…

  10. dwi
    2 Desember 2009 pukul 13:36

    gw punya tokek berat 1 0ns , tapi ekor cabang 2 …
    ada yang minat bisa hubungin gw di 081809390408..
    serius !!!

  11. eman
    26 November 2009 pukul 16:20

    kalau tokekx ada bgmn kita menghubx mas

  12. Tamzis
    21 November 2009 pukul 23:17

    Saya benar-benar butuh pembeli tokek yang tanpa bertele-tele.

    • Daniel
      30 Desember 2009 pukul 09:08

      Kalo mas jual tokek saya punya bos yang beli tanpa bertele-tele. klo mas mw hub: 085655333670

  13. NURDIN
    11 November 2009 pukul 10:49

    anda punya tokek minimal berat 3 ons , susah menjualnya saya bisa membantu anda menjualkanya peminat serius hub. 081317913852

  14. 9 November 2009 pukul 13:33

    Joan di Banjarmasin….Terima Kasih Pak Bagus..
    Saya udah Buktikan hasilnya dan gk Bohong,mudah banget…
    Tidak kalah dengan Harga tokek…Tks juga buat http://www.uangdahsyiat.com
    bagi yang susah cari tokek.coba deh..daripada pusing

    • 9 November 2009 pukul 14:12

      nah itu ada solusi buat yang susah nyari tokek dengan berat tertentu,
      terimakasih mas joan di banjarmasin

  15. 6 November 2009 pukul 08:50

    memang bos yg nda termasuk cukong dr negara mana

    • 9 November 2009 pukul 14:09

      saya sendiri ini nggak termasuk cukong boss,hehe:mrgreen:

  16. Melky
    22 Oktober 2009 pukul 13:07

    beneran bisa beli tokek nich mas…????

    maksudnya apa nih?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: